lowongan pekerjaan, lowongan kerja terbaru, info lowongan kerja, lowongan kerja bumn, lowongan kerja pertamina, lowongan kerja terbaru 2015

MENGENAL INTERNET 2

SEJARAH INTERNET.

Sebelumnya saya ucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 Syawal 1431H Minal Aidin Walfaidzin Mohon Maaf Lahir Dan Batin. Apabila dalam blog ini ada perkataan saya yang menyinggung atau tidak berkenan di hati sobat semua saya memohon untuk dibukakan pintu maaf yang selapang-lapangnya.

Sesuai janji saya di artikel sebelumnya kali ini saya akan membahas mengenai sejarah internet. Seperi di seri sebelumnya yang ini juga hasil Copas eh… nyontek dari beberapa buku yang saya baca di Gramedia hehehe…
Sobat, Internet telah terbukti mampu merevolusi dunia komputer dan komunikasi tanpa diduga sebelumnya dan telah menjadi infrastruktur yang menyebar secara merata ke seluruh penjuru dunia. Tapi tahukah sobat bahwa prototipe sebenarnya di sebut dengan National Information Infrastrukture kepunyaan Amerika.

Konsep pertamanya dan diyakini sebagai awal mula internet adalah sebuah memo yang ditulis oleh JCR Licklider dari MIT (Massachusset Institute Of Technology) pada Agustus 1962 yang menceritakan impiannya tentang konsep “Galactic Network”.

Dia memimpikan sebuah jaringan komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya melalui sebuah network secara global sehingga semua orang bisa mengakses data dan program dari semua tempat. Konsep sederhana inilah gambaran internet sekarang.

Licklider adalah orang pertama yang memimpin DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) sebuah badan yang beraffiliasi ke Departemen Pertahananan Amerika Serikat dan konsen di masalah pengembangan teknologi militer. Ketika bekerja pada badan ini (1962) Licklider berhasil meyakinkan Lawrence G.Roberts dan beberapa orang peneliti MIT penerusnya akan pentingnya konsep jaringan komputer ini.

Perkembangan infrastruktur internet makin maju ketika Leonard Kleinrock dari MIT menerbitkan paper tentang teori Packet Switching pada tahun 1961. Kleinrock meyakinkan para peneliti MIT bahwa teori yang di temukannya ini lebih feasible daripada menggunakan rangkaian elektronik. Ini merupakan lompatan besar dalam perkembangan jaringan komputer dan bisa dianggap sebagai miniatur internet karena jaringan komputer yang memungkinkan komputer-komputer yang berbeda untuk saling berbicara.



Pada tahun 1965 MIT yang digawangi Lawrence G.Roberts mengeksplorasi konsep ini. Bekerjasama dengan Thomas Merill, Roberts menghubungkan komputer TX-2 yang berada di Massachussets dengan komputer Q-32 yang terletak di California dengan menggunakan kabel telepon melalui koneksi dial-up. Walaupun kecepatannya sangat kecil tapi ini merupakan contoh WAN (Wide Area Network) pertama di dunia.

1966 Robert terlibat lagi dalam proyek DARPA untuk mengembangkan konsep jaringan komputer, dan menyiapka prototype yang disebut ARPANET yang dirilis satu tahun kemudian. Inilah cikal bakal internet dengan skala yang lumayan besar. Dari tahun ke tahun komputer yang tergabung di jaringan ARPANET semakin banyak. Hingga pada tahun 1972 ARPANET didemontrasikan dengan sukses di ICCC (International Computer Communication Conference). ARPANET kemudian mulai memfokuskan pada perkembangan fungsi-fungsi untuk melengkapi protocol dan software jaringan lainnya.

Aplikasi email diperkenalkan pada tahun 1972, ini membuat para pengembang ARPANET berkomunikasi lebih cepat dan mudah. Bulan Juli di tahun ini juga kegunaan email semakin luas dengan kemampuannya dalam mengirim, membaca pesan, mem-forward dan merespon pesan tersebut. Sejak saat itu Email telah menjadi aplikasi jaringan yang paling HOT, bahkan hingga saat ini.

Dunia Web (WWW) sendiri baru ditemukan pada pertengahan tahun 1990. Adalah Tim Berners-Lee yang memulai sejarahnya. Berners-Lee merupakan orang pertama yang menuliskan software web server pertama di dunia ketika dia bekerja di CERN sebuah organisasi negara-negara eropa untuk pengembangan teknologi nuklir.

Software pertama sukses dibuat pada bulan desember 1990. Agustus 1991 beberapa orang pengembang ikut dilibatkan hingga akhirnya dihasilkan konponen yang disebut dengan API libwww. Source code dari www ini kemudian dirilis ke publik pada tahun 1993 sehingga menjadikannya sebagai teknologi software bebas (free software). Akibatnya kemudian banyak pihak yang bersemangat untuk mengembangkan dan mengimplementasikan teknologi ini karena sangat bebas untuk digunakan.

Begitulah kira-kira asal muasal internet, teman ingin tahu tentang bagaimana ramalan perkembangan internet di masa depan? Ikuti terus serial Mengenal Internet di blog ini pada tulisan selanjutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : MENGENAL INTERNET 2

0 comments: